Kamis, 27 November 2008

Peneguhan Yayasan St Bernardus Pekalongan


SMA St Bernardus Pekalongan adalah SMA milik paroki yang dikelola oleh paroki. SMA ini berdiri sejak th 1960 dan mengalami perkembangan baik tempat belajar maupun kepengurusan. Sekarang ini dengan bertempat di jl Patriot 14 Pekalongan, sekolah ini menjadi sekolah kategori Nasional. Kelangsungan karya pendidikan ini tidak hanya ada pada kepala sekolah guru-karyawan dan siswa tetapi juga kepengurusan yayasan. SEhubungan dengan berakhirnya kepengurusan yayasan maka paroki membentuk kepengurusan yang baru. Kepengurusan ini dipilih dan diangkat oleh pembina yang mewakili pendiri dan pemilik sekolah. Maka pada hari Rabu, 26 November 2008 kepengurusan yayasan diteguhkan bersama. Dihadapan pengurus Dewan Pastoral mereka yang dipilih diajak untuk menggunakan kesempatan tersebut sebagai bagian dari pelayanan dan pengabdian pada Gereja. Mereka dipilih oleh Gereja untuk mengemban tugas misi Gereja dalam bidang pendidikan.
Dalam kesempatan ini Romo paroki mengajak semua organ bertindak kompak karena mengemban misi dan saling mendukung sesuai dengan cakupan serta kapasitas masing-masing baik sebagai pembina, pengurus maupun pengawas.
Diungkap pula harapan tentang pengelolaan sekolah menjadi tanggungjawab bersama. Maka kondisi riil tetap membutuhkan dukungan dan harapan optimis untuk menjadikan karya pendidikan ini sebagai karya GEreja. Berbagai harapan ini terungkap dari para pengurus baru maupun dewan pastoral. MEnjadikan sekolah yang sehat dan tetap sesuai dengan visi misi pendidikan membutuhkan pengelolaan dana yang tidak sedikit. Target adanya dana abadi 5-7 milyard bila terealisasi akan membuat karya ini tetap bisa bertahan. SEkolah yang sehat dapat mengelola sendiri operasional dari siswa. Persoalannya bahwa 90% dana masuk sudah habis untuk gaji guru karyawan dan operasional. Padahal sekolah yang sehat 60%nya dana masuk untuk kepentingan gaji guru karyawan. Hal inilah yang membutuhkan gerak bersama agar karya pendidikan tersebut tidak berhenti dan tetap bertahan bahkan makin kuat.
Di akhir pertemuan tersebut para terpilih diajak untuk berdoa bersama, doa peneguhan. Dipimpin oleh romo paroki para organ yayasan menjawab kesediaan dan berjanji untuk melayani Tuhan dalam karya pendidikan sesuai dengan bidang masing-masing. Selamat berkarya dan mengabdi pada GEreja.
in finem omnia/agtoro

Tidak ada komentar: