Selasa, 12 Agustus 2014

Sosialisasi Pedoman Sakramen Inisiasi

Minggu, 11 Agustus 2014, Aula Lt. 2 Paroki Santo Petrus Pekalongan menjadi tempat Sosialisasi Pedoman Sakramen Inisiasi dari Tim Komisi Kateketik Keuskupan Purwokerto. Sosialisasi Pedoman Sakramen Inisiasi merupakan agenda Tim Komisi Kateketik bagi seluruh paroki di Keuskupan Purwokerto. Kegiatan ini diadakan per-dekenat. Untuk wilayah Dekenat Utara, sosialisasi pedoman dibagi menjadi dua wilayah, Dekenat Utara bagian Timur dan Dekenat Utara bagian Barat.
 

Paroki Santo Petrus Pekalongan menjadi tuan rumah diselenggarakannya sosialisasi pedoman ini. Adapun paroki yang hadir adalah mereka yang tergabung dalam Dekenat Utara bagian Timur seperti Paroki Limpung, Paroki Batang, Paroki Pemalang dan Paroki Pekalongan. Undangan sosialisasi pedoman ini dialamatkan kepada para Ketua Lingkungan dan Stasi (Pekalongan), para pendamping Katekumen anak-dewasa-lansia, pendamping Calon Penerima Komuni Pertama, Pendamping Calon Penerima Sakramen Penguatan, dan Pendamping Baptis Bayi.

Kegiatan ini dihadiri oleh 57 peserta dengan rincian: Paroki Limpung sebanyak 7 orang, Paroki Batang sebanyak 6 orang, Paroki Pemalang sebanyak 6 orang, dan Paroki Pekalongan sebanyak 38 orang.

Dalam sosialisasi pedoman ini, RD. S. Parjono menjelaskan isi Pedoman Sakramen Inisiasi dengan santai tetapi serius. Antusiasme peserta tampak dalam kesempatan tanya jawab. Ada seorang peserta mengatakan, "Terimakasih untuk sosialisasi pedoman sakramen inisiasi ini. Apa yang kami terima sangat penting dan membantu kami dalam melayani umat. Kami menjadi semakin jelas akan pelayanan yang harus kami berikan kepada umat."

Selain sosialisasi Pedoman Sakramen Inisiasi, tim Kateketik Keuskupan Purwokerto juga menjelaskan tentang pola pengajaran bagi para calon penerima sakramen Krisma yang menggunakan metode sharing iman tujuh langkah. Penjelasan ini disampaikan oleh Bapak F. Jemidi.

Acara yang dimulai pukul 10.15 (molor) baru selesai pukul 13.30 wib. Acara sosialisasi ini ditutup dengan makan bersama di areal parkiran gereja. Para ibu rumah tangga pastoran telah mempersiapkan makan siang bagi seluruh peserta.

-trikusumapr-

Tidak ada komentar: