Kamis, 26 Agustus 2010

HUT ke-30 Gereja St Yohanes Rasul Karanganyar

Kajen, Karanganyar, Pekalongan.
Hari RAbu, 25 Agustus 2010. Hari ini menjadi perayaan HUT ke-30 berdirinya gedung gereja St Yohanes Rasul Karanganyar. Perayaan yang dikemas dalam misa syukur di gereja stasi karanganyar tersebut dihadiri oleh umat stasi baik dari wilayah BOjong, Kajen, Karangsari, Karanggondang, Doro dan juga dari pengurus dewan pastoral paroki dan para suster SND. Perayaan dimulai pk 18.00 dengan iringan hujan lebat namun iringan musik kroncong masih lebih menyemarakkan suasana pesta tersebut. Di awal perayaan dibacakan riwayat berdirinya gedung gereja stasi tersebut oleh salah satu tokoh panitia pada waktu itu yaitu Bp FX Dawan.
Riwayat berdirinya gedung gereja ini juga dimulai dari riwayat berdirinya stasi yang semula dirintis di Kajen. Berawal dari 2 orang yang mengikuti pelajaran baptis di Pekalongan th 1960 kemudian ada pelayanan bagi mereka yang kemudian meminta baptis di kajen. Umat makin berkembang dan diadakan kegiatan perayaan di gedung BPMD (Balai Pendidikan Masyarakat Desa) Kajen. Namun seiring kegunaan gedung tersebut oleh pemerintah maka umat mengadakan kegiatan misa di rumah bp FX Moechitiono di Kebon sari Karanganyar. Para suster mulai hadir untuk mengadakan pelajaran agama. Seiring perkembangan waktu dibentuk panitia pembangunan dan mengumpulkan dana. Lokasi gereja didapatkan dari tanah atas nama Rm Hadisiswaya MSC dan kemudian diganti oleh gereja. Di lokasi sekarang di desa karangsari dibangun gereja. Dan tepat pada tgl 25 Agustus 1980 pk 17.00 waktu itu diresmikan oleh Mgr Pascalis. Setelah misa dan pemberkatan dengan nama St Yohanes Rasul, acara dilanjutkan dengan ramah tamah.
Setelah dibacakan riwayat berdirinya gereja, acara ekaristi dilanjutkan. Dalam kotbahnya rm paroki mengutip panggilan murid pertama menurut Yohanes dan mengajak umat beriman untuk dapat melihat dan tinggal bersama dengan Yesus. Dengan begitu pancaran hidup umat beriman makin mempersatukan dan menjadi terang bagi sekitarnya.
Dalam perayaan ekaristi itu pula menjelang berkat penutup, ada sambutan-sambutan. yang mengisi sambutan adalah ketua II stasi karanganyar kajen yaitu bp Petrus Slamet, sambutan Dewan Paroki yaitu Bp Lilik Partoyo dan juga sambutan romo paroki. Selesai sambutan ada pemotongan tumpeng yang tadinya dibawa saat persembahan. Dengan iringan lagu selamat ulangtahun tumpeng dipotong dan kemudian diserahkan ke Bp FX Dawan. Sekaligus berkat untuk tumpeng dan makanan serta berkat penutup.
selesai ekaristi pk 20.00 semua yang hadir menikmati hidangan yang dikumpulkan dari masing-masing kelompok kring stasi karanganyar kajen.

Demikian berita pekalongan. Rahat sakpore, ndherek Gusti.

Tidak ada komentar: