Selasa, 31 Maret 2009

Triduum Ayam Berkokok

Menjelang Paska Paroki Pekalongan mengadakan Triduum. Kegiatan ini dilaksanakan pagi-pagi hari yaitu pukul 04.30 dan selesai 06.30. Kegiatan ini dinamakan Triduum Ayam Berkokok. Selain peristiwanya terjadi pagi hari saat ayam berkokok, kegiatan ini mengajak umat beriman menghayati hari-hari Sengsara Yesus sebagaimana terjadi karena pengkhianatan Petrus. Petrus menyangkal Yesus 3 x sebelum ayam berkokok 2 kali.
Pagi ini, Selasa 31 Maret 2009 adalah hari pertama dilaksanakan triduum. Melalui permenungan akan gunung kehidupan Tuhan Yesus (Luk 6:12-19) umat diajak untuk menjalin relasi dengan Allah sebagai dasar rohani hidup beriman, membangun kasih persaudaraan sebagai persekutuan umat yang dipanggil dan melakukan karya nyatan. Hadir sekitar 200 orang baik dari paroki maupun dari stasi-stasi. Pada permenungan umat diajak untuk melihat relasinya dengan Bapa dan mengakrabi relasi yang berpuncak pada Paska Kristus. Instruksi Paska dan perayaannya menjadi pengenalan bagi umat untuk menempatkan diri dalam kesatuan rohani yang hendak dirayakannya.
Diawali dengan nyanyian pendarasan mazmur, doa pembukaan, permenungan, doa spontan dan ditutup dengan ekaristi triduum yang sudah rutin dilaksanakan ini menggugah kembali umat.Setelah selesai sebagaian umat yang tidak terburu bekerja atau mendampingi anak masuk sekolah dapat menikmati teh hangat dan roti. Esok pagi masih akan dilanjutkan kembali. Berakhir hari Kamis pagi, 2 April 2009.

Berkah Dalem/tr

Tidak ada komentar: