Sabtu, 18 Oktober 2008

Penutupan LIngtu Gua Maria Kaliloji

Lingkaran Tujuh (Lingtu) Gua Maria Kaliloji paroki St Petrus Pekalongan ditutup pada hari Jumat, 18 Oktober 2008. Sudah 7 bulan berturut-turut perayaan ekaristi yang memadukan devosi pada Bunda Maria dan Sakramen Mahakudus ini dilaksanakan. Tema-tema renungan sepanjang waktu ditekankan dengan keluarga sebagai persekutuan umat beriman yang bersyukur atas anugerah Tuhan.Kali terakhir ini perayaan Ekaristi dipimpin oleh Rm Dr Hartono Budi Sj, seorang imam asli Pekalongan yang sekarang menjadi dosen di Fakultas Teologi Wedhabakti dan pamong seminari tinggi St Paulus.
Sebagai akhir permenungan Rm Hartono Budi Sj mengajak umat untuk menyimpulkan perjalanan rohani dengan melihat bahwa keluarga itu penting untuk pertumbuhan iman dan kemandirian serta kemajuan Gereja. Di tengah tantangan menghayati hidup berkeluarga tetap diutus untuk menjadi garam dan terang. Akan sangat tergantung bagaimana orang mengolah tantangan menjadi kekuatan.
Diibaratkan orang yang terus mengeluh sepanjang hidup dan ditunjukkan bagaimana perubahan dilakukan. Orang bisa menjadi wortel yang keras tapi ketika dimasukkan air panas lalu jadi lembek, orang bisa jadi telur, yang lembek tapi menjadi keras, atau menjadi kopi yang dilarutkan dalam air panas tetap menjadi kopi dan beraroma segar. Setiap tantangan akan mengubah hidup dan kekuatan dalam iman sebagaimana diteladankan Bunda maria menjadi modal untuk mengawali. Lingkaran Tujuh bukan berakhir tetapi baru dimulai.
Paduan Koor Soli Deo mengiringi penutupan lingkaran tujuh ini. Umat yang hadir juga masih mendapatkan air berkat sebagai bekal dan kebutuhan rohani umat. Acaranya sendiri dimulai dengan rosario bersama dengan penyalaan lilin umat sebagai ungkapan ujud doa bersama Bunda Maria. Dilanjutkan dengan Ekaristi, pemberkatan air, penghormatan pada Sakramen Mahakudus dan penutup.
Diumumkan bahwa Lingtu masih akan dilakukan tahun depan (2009). Diumumkan pula jumlah perolehan kolekte lingtu dan penjualan lilin serta pengeluaran untuk keperluan penyelenggaraan Lingtu ini.

------------in finem omnia.,ag toro-------ubi Petrus ibi Christus---------------

Tidak ada komentar: