Jumat, 17 Oktober 2008

Gua Maria Kaliloji


Gua Mari Kaliloji adalah gua yang dibangun sejak taun 1991. Gua ini dibangun dengan pertimbangan mempercantik taman dari kompleks bangunan gereja dan pastoran. Waktu itu usulan Bp Walikota agar taman dibuat asri. Maka atas masukan tersebut Rm Siswowiyono MSC, sebagai romo paroki, bersama dewan merealisasikan usulan tersebut. Umatpun memberi dukungan. Lalu pengerjaan dilakukan dan dikoordinatori oleh ibu Ir Sumarni dan bp Raf Halmudji. Secara resmi diberkati oleh Rm Sis pada tanggal 31 Oktober 1991. Waktu dibangun biaya yang dihabiskan adalah Rp 3.000.000,- (tiga juga rupiah). Sebenarnya sejak awal memang tidak ada nama yang diberikan khusus. Namun karena dekat dengan jembatan Loji maka gua tersebut dikenal oleh umat sebagai Gua Maria Kaliloji.
Dalam perkembangannya sejak pembangunan gedung gereja dan pastoran yang baru (2002) gua Maria ini tetap dipertahankan posisinya. Tidak dibongkar ataupun diubah. Maka sampai sekarang gua Maria ini tetap berdiri meskipun sekarang agak ke tengah dan dekat dengan bangunan. dulunya memang sudah dipojok.
Untuk mendukung keberadaan gua Maria ini diadakan kegiatan Lingkaran Tujuh Gua Maria Kaloloji yang selalu dimulai bulan April dan berakhir bulan Oktober. Perayaan Ekaristi dan Adorasi dilakukan tiap hari Jumat ketiga pk 18.00. Umat mempersembahkan doa-doa dengan menyalakan lilin di depan gua. Sejak pelaksanaan tahun kedua ini, umat dapat mengambil air yang diberkati saat ekaristi tersebut untukkeperluan hidup rohani umat. Namun sejak ada pancuran (3 pancuran) di belakang gua, umat lebih mudah mengambilnya untuk kebutuhan-kebutuhan rohani.
SElain kegiatan rutin tersebut, juga ada yang secara pribadi berdoa dan kelompok-kelompok menggunakan kesempatan berdoa. bahkan ada yang secara rutin berdoa tiap tanggal 14.
------------berkah dalem -----------

Tidak ada komentar: