Selasa, 22 Maret 2011

Pembekalan Pengurus Kring/ Stasi


Minggu, 20 Maret 2011. Bertempat di linggaasri, Kajen, sejumlah 90 orang yang terdiri dari pengurus kring, stasi dan kategorial ditambah dengan dewan harian Pastoral Paroki St Petrus PEkalongan mengadakan kegiatan pembekalan. Kegiatan ini diselenggarakan untuk membekali para fungsionaris kring, stasi dan kategorial tentang pentingnya pelayanan dan membangun kerjasama dalam langkah pastoral gereja. Kegiatan ini dimulai pk 10.00, setelah berangkat dari gereja paroki pk 08.45. Dan berakhir pk 15.00.
Dalam kesempatan pembekalan ini diungkap pentingnya kesatuan karya pastoral. Para fungsionaris kring, stasi dan kategorial menjadi perpanjangan tangan pastor dalam arah pastoral. Kedudukan dan wartabat umat beriman dalam tugas imam nabi dan raja, semakin menyatu bersama tugas imamat tahbisan yang mengembang tri tugas KRistus tersebut. Dalam realisasinya, arah pastoral bersama di paroki dapat semakin menjadi kekuatan bersama. Oleh karena itu penataan tentang adanya tertib adminsitrasi seperti pembukuan di masing kring dan stasi (sperti catatan warga, catatan penerimaan sakramen, catatan kematian, sejarah kring) perlu dilakukan. Selain itu ditampilkan tata kelola keuangan gereja sehingga kebutuhan umat semakin terfasilitasi.
Selain hal-hal tersebut para fungsionaris diajak untuk menyuarakan hal yang sama dengan apa yang sudah digariskan dalam kebijakan pastoral paroki seperti pedoman penerimaan sakramen. Jangan sampai ketua kring malah tidak mengetahui kebijakan apa yang perlu disikapi seperti bagaimana menjawab permohonan umat berkaitan dengan permohonan permintaan peringatan orang meninggal. Di paroki disepakati ada 3 kali kesempatan untuk misa intensi bagi peringatan orang meninggal. Sebagai ketua kring, stasi diharapkan dapat menyampaikan kepada umat sehingga kesempatan lain dilaksanakan tanpa ekaristi.
Demikian juga dikatakan bahwa ada tolok ukur keberhasilan dari pembekalan yaitu partisipasi umat dalam petugas tatib, kolekte dan persembahan semakin meningkat.
Demikian pembekalan pengurus kring dan stasi serta kategorial.

Tidak ada komentar: