Selasa, 01 Desember 2009

Pohon Natal dari Gelas Sampah Minuman


Pohon Natal yang berdiri di halamaan Gereja St Petrus Pekalongan terbuat dari gelas sampah air mineral. Pohon Natal ini dibikin untuk memeriahkan perayaan NAtal, kedatangan Yesus sang Juru Selamat. Umat paroki menyambut Natal dengan gembira. Bukan hanya karena harga yang tampak dari hal-hal baru tetapi dari barang bekas yang sudah dibuang.
Pohon Natal ini terbuat dari gelas mineral yang telah dikumpulkan sejak beberapa bulan dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan di gereja, dari umat dari sekolah dan dari berbagai tempat. Pohon Natal ini memiliki tinggi 8 meter, diameter bawah 3 m, menghasilkan 12.840 mineral cup berbagai merek seperti Aqua, fit, aquaria, zam dan prima. Untuk bintang 150 cup, tangkai bintang 10cup, pohon 6350, batang pohon 600, rantai bawah 1130, alas/ karpet 4600 dan botol bekas 678.
Pohon Natal ini mulai dikerjakan awal November dengan membuat kerangka besi dan kemudian pemasangannya selesai akhir November. Di pohon ini juga diberi lampu yang menghabiskan 11 set lampu per satu set 18 meter. Besi yang digunakan sebagai kerangka juga bukan besi baru melainkan besi bekas.
Ide pembuatan ini sudah cukup lama dipikirkan oleh dewan paroki dan dilaksanakan oleh panitia Natal. Pohon ini sekaligus menjadi tanda syukur atas perjalanan hidup Gereja yang akan berusia 80 th. Sebagai ungkapan syukur atas perjalanan hidup ini juga dorongan untuk menggunakan limbah atau sampah gelas mineral ini pohon natal ini dibuat. Diharapkan akan semakin memupuk rasa syukur dan cinta kehidupan dari umat beriman.
Berkah DAlem.
ag toro

Tidak ada komentar: