Senin, 30 November 2009

Studium Generalae/ Pengajaran umum

Studium Generalae bukan hanya berlaku untuk kalangan mereka yang mengenyam dunia pendidikan tetapi umat beriman dalam Gereja juga melakukan hal yang maksudnya sama. Kegiatan Studium Generalae/ SG ini dimaksudkan untuk memberi wawasan dan informasi kepada umat beriman mengenai berbagai hal dalam lingkup iman. Di paroki sndiri sudah ada berbagai macam kegiatan yang bisa dikategorikan sebagai pengajaran dengan maksud yaitu katekese seperti katekese kring, kotbah katekese dsb. Sering pula diselenggarakan sarasehan. Namun agar umat memiliki semangat dan maksud yang lain diselenggarakanlah kegiatan SG ini.
Kali ini tema yang dibahas adalah misi hidup kristiani. Tema ini dipilih karena tema Adven dan perayaan Natal adalah percaya, bangga dan gembira menyambut Yesus sang Imanuel.Acara ini diisi oleh rm toro dan rm mardi. rm toro memberikan pengantar umum tentang misi baik secara etimologis, biblis maupun historis sementara rm mardi mengulas tentang credo/ shahadat. Berbagai pertanyaan yang dilontarkan seperti mengapa saat doa sahadat pas dibagian dilahirkan oleh Roh Kudus kudu membungkuk, mengapa Yesus duduknya di sebelah kanan Bapa, dsb terlontar karena keingintahuan mengenai kekayaan iman.
Kegiatan ini baru dilangksanakan 1 kali. dikesempatan lain tentu bisa dilakukan lebih lanjut. Umat yang hadir dalam kegiatan ini 50 orang. Acara dimulai pk 10.00 dan berakhir pk 12.30. Acara ditutup dengan makan siang bersama.

Berkah Dalem

Tidak ada komentar: