Sabtu, 02 Mei 2009

pembukaan bulan Maria di Pekalongan

Bulan Mei menjadi bulan devosi pada Bunda Maria. Paroki St Petrus mengawali bulan devosi dengan doa bersama di depan gua Maria Kaliloji Kamis, 30 April pk 18.00. Doa dilanjutkan dengan perarakan ke dalam gereja. Selama di depan gua Maria umat mendaraskan untaian doa rosario dengan 3 peristiwa dilanjutkan dengan ibadat SAbda dan kotbah Romo. lalu dilanjutkan dengan perarakan lilin menuju gereja dan lanjutan untaian doa rosario.
Sayang saat perarakan lilin angin bertiup kencang sehingga lilin-lilin umat yang dibawa sebagian besar mati. Namun demikian di dalam gereja umat dapat menyalakan lilin dan memasang di depan patung Maria.
Dalam kotbahnya Rm T Mardi Usmanto Pr mengajak umat untuk memberi penghormatan pada Bunda Maria melalui gelar-gelar bunda Maria. Gelar-gelar Maria dapat dikategorikan berdasarkan doktrin Gereja, devosi umat dan tempat geografis seperti tempat penampakan. Semantara itu di Stasi Karanganyar juga dilaksanakan pembukaan bulan Maria Jumat, 1 Mei pk 18.00. dimulai dari halaman belakang gereja doa rosario dan perarakan patung maria ke dalam gereja. Umat yang hadir kemudian menikmati hidangan bersama dengan gelaran tikar di depan gua setelah ekaristi selesai.
ifo/bdtr

Tidak ada komentar: